Hengkangnya Titiek Soeharto Bikin Suara Golkar Merosot

0
Peringati Jasa Soeharto Untuk Indonesia, Titiek Bantah Anggapan Kebangkitan keluarga Cendana
Titiek Soeharto

PolitikToday – Pengamat Politik, Rico Marbun, angkat bicara terkait kepindahan Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto ke Partai Berkarya bagi Partai Golkar. Secara umum, dia menyebut, keluarnya tokoh berpengaruh dari sebuah partai akan berpengaruh pada elektabilitas partai tersebut.

“Kalau ini terjadi realnya kasat matanya semakin berkurang lagi yah semakin berkurang,” kata Rico, Rabu (13/6/2018).

Menurut Rico penurunan elektabilitas karena kepindahan sosok besar pernah terjadi di tubuh Partai Golkar. Dia mencontohkan beberapa nama besar yang hengkang dari Partai Golkar dan kemudian masuk atau mendirikan partai baru.

“Contohnya Pak Wiranto keluar dari Golkar buat Hanura kemudian Pak Prabowo dulu setelah gagal konvensi buat Partai Gerindra. bisa kita katakan NasDem lah yang dulu dekat Surya Paloh buat NasDem. Itu semua mengurangi size elektoral dari Golkar,” ungkapnya.

Kepindahan Wiranto, Prabowo dan Surya Paloh nyata-nyata berdampak negative terhadap elektabilitas Partai Golkar.

Apalagi, Rico menilai, partai berlambang pohon beringin itu belum pulih dari penurunan elektabilitas pergantian kepemimpinan dari Setya Novanto ke Airlangga Hartarto. Hal itu, tambahnya, membuat elektabilitas Golkar semakin terperosok.

“Dia belum pulih dari pergantian kepemimpinan yang tidak terjadi secara natural. pergantian pimpinan secara terus menerus dalam perjalanan kasus yang merundung para pemimpinnya sampai akhirnya kita lihat sekarang, pecah,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Bidang Media dan Penggiringan Opini Partai Golkar Ace Hasan Syadzily yakin paska hengkangnya Titiek, partainya tidak akan ditinggal para pecinta keluarga Cendana. Sebab, kata dia, Golkar masih berpegangan pada prinsip ideologi pembangunan yang diturunkan oleh Soeharto.

“Kami yakin tidak (tidak ditinggal loyalis Cendana). Yang penting kami tetap mengusung semangat ideologis yang diajarkan Pak Harto, yaitu ideologi pembangunan,” kata Ace, Rabu (13/6/2018).

(rt)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here