MK Sahkan Kemenangan Kotak Kosong atas Calon Tunggal di Pilkada Makassar

0
MK Sahkan Kemenangan Kotak Kosong atas Calon Tunggal di Pilkada Makassar
Sejumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan mengabadikan gambar hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (6/7) malam. Komisi Pemilihan Umum Makassar mengumumkan hasil rakapitulasi perolehan suara pasangan nomor urut satu Munarfi Arifuddin dan Andi Rachmatika Dewi 264.245 suara (47 persen) dan nomor urut dua Kolom Kosong 300.795 suara (53 persen), dan pemilihan Wali Kota Makassar akan dilakukan pemilihan ulang pada Pilkada serentak 2020 mendatang. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

PolitikToday – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan dari pasangan calon tunggal, Munafri Arifuddin dan Rachmatika Dewi (Appi-Cicu). Dengan begitu, MK telah mengesahkan kemenangan kotak kosong di Pilkada Kota Makassar 2018.

“Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan a quo,” putus MK, Jumat (10/8/2018).

Perolehan suara Appi-Cicu adalah 264.245 suara. Sedangkan perolehan suara yang ‘tidak setuju’ (kolom kosong) adalah 300.795 suara. Sehingga perbedaan perolehan suara antara Pemohon dengan suara yang ‘tidak setuju (kolom kosong) adalah 300.795 suara- 264.245 suara = 36.550 suara atau lebih dari 2.825 suara.

“Dengan demikian jumlah perbedaan perolehan suara antara Pemohon dengan suara yang “tidak setuju” (kolom kosong) untuk dapat diajukan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Tahun 2018 adalah paling banyak 0,5% x 565.040 suara (total suara sah) = 2.825 suara,” ujar MK.

Kasus bermula saat Mahkamah Agung (MA) mencoret pasangan Ramdhan Pomanto dan Indira Mulyasari (DIAmi) dari bursa Pilwalkot Makassar. Alhasil, Pilwalkot Makassar hanya diikuti oleh calon tunggal Munafri Arifuddin dan Andi Rachmatika Dewi.

Putusan ini diketok oleh ketua majelis hakim agung Supandi dengan anggota Yudo Martono Wahyunadi dan Is Sudaryono. Putusan itu diketok dengan suara bulat.

Appi-Cicu kemudian melawan kotak kosong dan kalah.
(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here