Prabowo Resmi Ikut Pilpres untuk Ketiga Kalinya

0
Prabowo Resmi Ikut Pilpres untuk Ketiga Kalinya
Calon Presiden Prabowo Subianto tiba di gedung KPU untuk mendaftarkan dirinya di Jakarta, Jumat (10/8). Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendaftarkan dirinya ke KPU sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

PolitikToday – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah resmi mendaftarkan diri sebagai calon presiden 2019-2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini merupakan upaya mantan Danjen Kopassus itu untuk menjadi pemimpin bangsa ketiga kalinya.

Upaya Prabowo dimulai sejak 2009 lalu. Bersama Gerindra maju bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Saat itu, pasangan ini tumbang di tangan petahana, Susilo Bambang Yudhoyono yang berpasangan dengan Budiono.

Lima tahun berikutnya, Prabowo kembali mencoba peruntungan. Kali ini ia maju sebagai calon RI-1. Ia menggandeng Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa. Pasangan ini juga didukung oleh Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pasangan Prabowo-Hatta harus mengakui keunggulan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Pasangan Jokowi-JK menjadi pemenang dengan memperoleh suara sebanyak 53,13 persen. Sementara pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 46,84 persen.

Pada Pilpres 2019 tahun depan, Prabowo belum patah arang. Ia kembali maju dalam kontestasi sebagai capres untuk menantang petahana. Kali ini ia didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Pasangan yang sama-sama berasal dari Gerindra ini diusung oleh empat partai, yakni Gerindra, Partai Demokrat, PKS dan PAN. Prabowo-Sandiaga akan head to head dengan Jokowi yang kali ini menggandeng Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin.
(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here